First Impression about Arknights

Loading screen sebelum in-game

Hi guys! Mumpung setelah banyak ujian sudsh terlewati, gue iseng bikin kesan pertama gue mengenai salah satu game wibu yang trending saat ini yaitu Arknights.

Pertama kali gue tahu game ini saat banyak wibu yang komen di Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Banyak yang bilang katanya sih game-nya bagus. Kemudian, gue dikenalin game ini oleh temen gue saat gue pulang dari salah satu event wibu yaitu Comifuro saat awal tahun ini. Temen gue menjelaskan bahwa game ini bergenre tower defense yang misinya agar tidak ada musuh yang menembus markas kita dengan mengerahkan pasukan yang efektif digunakan sesuai dengan kondisi saat itu. Temen gue pun menambahkan bahwa fitur yang disediakan oleh game ini pun cukup menarik, terutama untuk kalangan wibu dikarenakan operator (tentara kita) yang waifuable serta bervariasi sesuai dengan fetish-nya dan character art-nya yang cukup keren.

Gue pun terhasut temen gue untuk memainkan game, alasan gue sendiri karena ada unsur strateginya yang gue sering mainkanlah pada game-game sebelumnya. Kemudian, spesifikasi game-nya yang tidak terlalu berat syang membuat gue mau untu memainkannya, memakan storage sekitar 2 GB, hp gue yang kentang pun masih menyanggupinya.


Fitur story yang mirip dengan visual novel, tapi gada voice-nya.
Ini saat event Code of Brawl


Saat gue mencoba untuk memasang game ini, ternyata publisher game ini pun sama seperti game wibu laris lainnya yaitu Azurlane yang didistribusikan ole Yostar, publisher asal Tiongkok. Untuk download-nya cukup gede ya sekitar 1,7 GB, kemudian ada download in-game sebesar 100 MB.

Kesan pertama gue memainkan game ini adalah character art-nya keren parah, ditambah lagi dengan alur ceritanya yang selalu bikin penasaran untuk pengembangan ceritanya. Ya karena market game ini untuk para wibu, tersedialah fitur gacha yang bikin user-nya bakal selalu nge-pull demi mendapatkan operator favorit mereka. Alasannya pun bervariasi, mulai karena mengincar waifu idamannya, memenuhi kebutuhan pasukannya agar komposisinya seimbang, dan sebagainya.

Mostima, salah satu operator inceran gue yang tidak tercapai :(


Untuk latar game ini, kita berada pada zaman yang cukup canggih (?), tetapi dunia yang dinamakan Terra ini sedang berkecamuk dikarenakan banyaknya Catastrophe (bencana) yang terjadi dimana-mana. Ternyata, setelah bencana itu usai  ada satu mineral yang dinamakan Originium yang pemanfaatannya pun cukup banyak, mulai dari menjadi suplai senjata sihir, untuk produksi pabrik, dan sebagainya. Tetapi, ada resiko apabila terlalu sering terpapar radiasi mineral ini yakni kita akan menjadi mineral tersebut dikarenakan kristal dalam mineral tersebut regenerasi dalam darah tubuh manusia sehingga saat kondisinya sudah fatal, mereka akan menjadi kristal Originium yang baru. Penyakit ini dinamakan Oriptahy, dan korbannya pun dinamakan infected.

Dikarenakan banyaknya infected ini, mereka pun dikucilkan dikarenakan merea korban sekaligus vektor penyebaran Oriptahy. Kemudian muncullah lembaga yang berfokus pada riset dan pengobatan Oripathy ini yang dinamakan Rhodes Island. Konon, kita sebagai doctor (dokutah) memiliki jabatan eksekutif yang cukup tinggi. Cerita  dimulai saat Dokutah mengalami amnesia berat yang menyebaban dokutah ini lupa akan masa lalunya. Kemudian, muncullah gadis kecil yang bernama Amiya yang menjadi asisten kita di masa lalu, ia pun menjelaskan bahwa Terra sedang berkecamuk dikarenakan adanya pemberontakan para infected yang diinisasi oleh Reunion. Di sinilah peran kita sebagai komandan yang mengarahkan pasukan kita agar dapat bertahan dari serangan Reunion.


Tampilan in-game


Maaf ya gengs, ceritanya jadi kepanjangan karena gue jelasin latar belakangnya cukup panjang. Untuk kalian yang wibu dan juga bosen ama game-game sebelumnya, kalian boleh mencoba game ini karena game ini seruuntuk dinikmati. Untuk full review-nya mungkin lain waktu dikarenakan waktu bermain gue yang belum lama sehingga belum menjelajahi fitur-fitur yang ada dalam game tersebut.

Terima kasih untuk kalian yang meluangan waktunya untk membaca blog sederhana gue ini, semoga informasinya bermanfaat untuk kalian :)

Komentar