First Impression about Age of Empires II HD


Aku mainnya sekarang dah legal :D

Hi, guys! Kali ini gue bakal ngasih kesan pertama gue mengenai salah satu game PC legendaris, yaitu Age of Empires II HD.

Sebelumnya terdapat versi jadul nya yang rilis pada tahun 1998 (cmiiw). Gue kenal game ini saat kelas 6 SD setelah gue namatin prequel-nya yaitu Age of Empires I beserta expansion-nya yang menceritakan sejarah panjang dari bangsa Romawi Kuno.

AoE II ini memilii latar waktu pada abad pertengahan, kurang lebih tepatnya dari 600-1500 M. Pada mulanya, masih sedikit pilihan civilization (bangsa)nya. Tetapi, setelah merilis beberapa DLC-nya (Downloadable Content) jadi buanyakk banget sekarang variasinya. Mulai dari peradaban Timur, Timur Tengah, Eropa, Afrika, Amerika, bahkan Asia Tenggara sendiri pun ada bangsanya. Lebih kerennya peradaban leluhur kita yaitu Malay terdapat dalam game ini dalam campaign The Rise of Rajas, salah satunya menceritakan tentang Gajah Mada, yaitu salah satu jenderal perang yang melakukan ekspansi militer ke hampir seluruh Nusantara.

Kesan pertama gue sih, karena mulanya udah pernah maen dengan genre RTS (Real Time Strategy) sebelumnya pada AoE I ini, jadi proses adaptasinya tidak sulit. Kemudian, dari misi-misi (campaign) yang tersedia pada game ini bener-bener bikin gue mendapatkan pengetahuan baru mengenai sejarah pada abad pertengahan. Contohnya seperti Salahuddin Al-Ayyubi yang membebaskan Jerusalem pada Perang Salib III, ekspansi pemimpin Mongol terkenal Genghis Khan, perjuangan Jeanne d'Arc dalam membebaskan Perancis dari belenggu saudaranya yaitu Inggris, dan sebagainya.

Screenshot pada campaign Thariq bin Ziyad, salah satu jenderal dinasti Umayyah yang terkena menaklukkan semenanjung Iberia (saat ini Spanyol)

Walaupun awalnya gue main game ini melalui crack-an (bajakan), tetapi saat ini gue udah bisa mainnya melalui jalur legal, yaitu membelinya melalui Steam. Gue saat ini mulai ngurangin main game bajakan karena gue pernah baca-baca serta nonton di film maupun YouTube bahwa bikin game itu prosesnya bener-bener panjang. Oleh karena itu, gue mengapresiasi para developer game ini dengan membelinya secara legal.

Sekian itu aja kesan pertama gue tentang game ini, maaf ya kalo tulisannya rada ngelantur soalnya baru bangun tidur hehe.. Thank you udah meluangkan waktunya untuk membaca postingan random gue ini :)

Next time, mungkin gue bakal post full review tentang game ini. Tapi, nunggu gue kelarin semua fitur-fitur dalam game ini yaa

Komentar